Monday, February 26, 2018

Cara Belajar Desain Grafis Otodidak

Cara Belajar Desain Grafis Otodidak


Kini banyak orang yang ingin belajar desain otodidak, karena desain sangat diperlukan dalam setiap kesempatan. Desain adalah rancangan atau garis besar akan suatu hal, sebuah sketsa atau gagasan sebelum membuat sesuatu. Contohnya dalam pembangunan sebuah gedung tentu ada rancangan awal berupa sktesa gambar yang dibuat oleh arsitek.




Langkah-langkah awal yang bisa dilakukan sekalipun tidak memiliki basic ilmu desain.

Mulai dari software yang mudah

Mulailah dengan memilih software desain yang mudah, software yang mudah untuk desain, saya sarankan mulai dari CorelDraw dan Photoshop terlebih dahulu. Software ini adalah software yang digunakan untuk pemula yang ingin belajar desain hingga profesional yang sudah mahir. CorelDRAW biasa digunakan untuk merancang sebuah visual 2 dimensi, seperti poster, katalog, pamphlet, brosur, dan spanduk. Lain halnya dengan Photoshop, software ini sangat efektif digunakan untuk mengedit foto, walaupun sebenarnya bisa juga digunakan untuk membuat media promosi seperti poster dan lainnya.





Photoshop mempunyai beberapa kelebihan dibanding CorelDraw, di Photoshop kita bisa membuat visual 2 dimensi, mengedit foto, memperbaiki warna foto, sedangkan CorelDRAW tidak bisa melakuan hal seperti itu, para desainer biasanya menggabungkan kemampuan 2 software tersebut dalam mengeksekusi sebuah desain, hasilnya akan lebih maksimal.


Setiap software desain mempunyai kemampuan berbeda sesuai kebutuhannya masing-masing. Software itu antara lain :
  1. CorelDRAW dan Adobe Ilustrator : Membuat gambar-gambar vector / 2 dimensi.
  2. Adobe Photoshop : Edit foto
  3. Adobe InDesign : Layout buku, majalah dan sejenisnya
  4. Adobe Premiere : Edit video


Cari tutorial di YouTube

Sekarang kita bisa mencari apapun di internet termasuk tutorial desain di Youtube, semua tutorial ada, tinggal kita memilah mana yang mudah diikuti.

Mulai membuat objek yang mudah

Mulailah membuat project yang mudah terlebih dahulu, jangan terburu-buru ingin membuat suatu yang sulit, karena jika kita memulai dengan objek-objek yang mudah, kita akan belajar desain otodidak secara bertahap dari dasarnya, segala sesuatu harus kuat dari dasarnya, seperti sebuah bangunan harus mempunyai pondasi yang kuat, begitupun dalam belajar desain, kita harus menguasai dasar-dasar desainnya terlebih dahulu, sehingga tidak kerepotan jika nanti mengerjakan desain yang sulit.


Bergabung dengan komunitas

Gabunglah ke komunitas-komunitas desain, jika sulit menemukannya secara offline, maka carilah di facebook, banyak sekali grup desain, kita bisa belajar dari sesama anggota komunitas, biasanya mereka akan memberikan saran yang bermanfaat bagi kita. Tanyakan saja apa yang ingin kita ketahui.


Bertanya kepada ahli

Jika mempunyai teman yang mengerti tentang ilmu desian, jangan ragu-ragu untuk bertanya pada dia, karena belajar desain di YouTube akan berbeda rasanya jika kita melihat teman mendemokan langsung di hadapan kita, di YouTube kita tidak bisa bertanya langsung jika ada seuatu hal yang kurang kita mengerti, kalau orangnya ada di depan kita, kita bebas menanyakan apapun.


Sabar dan tetap semangat


Tetap sabar dan semangat itu kunci berhasilnya belajar desian otodidak, buatlah target harian atau mingguan, misalkan minggu pertama kita harus bisa membuat A, minggu kedua membuat B, terus saja lakukan hal seperti itu, kalau bahasa agamanya itu istiqomah. Lambat laun kita akan semakin menguasai teknik dan ilmu-ilmu desain yang sedang kita pelajari.



visit link download

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.